Sistematika Pelaporan

Pelaporan

KKG dan FKKG wajib menyusun laporan pelaksanaan kegiatan dan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana sesuai dengan tahap pencairan dan penggunaan dana. Laporan diberikan kepada LPMP sebagai pihak pertama, Dinas Pendidikan Kecamatan/UPTD/Kabupaten/Kota, dan ditembuskan kepada Direktur Jenderal PMPTK sebagai PCU BERMUTU. Sebelum didistribusikan, isi laporan terlebih dahulu dikonsultasikan kepada MKKS dan MKPS. Berdasarkan hasil supervisi, MKKS dan MKPS membubuhkan tanda tangan persetujuan laporan tersebut.

Untuk tujuan transparansi dan akuntabilitas publik dari kegiatan ini, laporan juga harus dipublikasikan di sekolah inti agar dapat diakses oleh berbagai pemangku kepentingan. Publikasi ini dapat melalui media cetak maupun elektronik.

Laporan harus disiapkan oleh penerima DBL mencakup dua hal utama, pelaksanaan kegiatan dan penggunaan dana. Laporan sekurang-kurangnya berisi 3 (tiga) informasi utama sebagai berikut.

  1. Pelaksanaan Kegiatan:
    1. Jadwal dan pelaksanaan kegiatan termasuk peserta dan narasumber.
    2. Hasil pelaksanaan kegiatan sesuai topik kegiatan.
    3. Permasalahan yang dihadapi dan upaya pemecahannya.
  2. Pertanggungjawaban Keuangan:
    1. Peruntukan DBL sesuai dengan proposal.
    2. Permasalahan yang dihadapi dan upaya pemecahannya.
  3. Rangkuman hasil evaluasi mandiri yang dilakukan sekolah dan gugus.

Agar laporan memuat kedua informasi utama tersebut, maka harus digunakan format laporan sebagai berikut.

  1. Lembaran pengesahan oleh atasan langsung (contoh lampiran 1).
  2. Kata pengantar.
  3. Daftar isi.
  4. Bab I Pendahuluan (latar belakang, tujuan program, hasil yang diharapkan, sasaran, dan sebagainya).
  5. Bab II Pelaksanaan Program (menginformasikan semua kegiatan sesuai dengan rencana kerja yang disepakati yang mencakup tempat, waktu, kegiatan, penggunaan dana, masalah, dan upaya pemecahan masalah).
  6. Bab III. Hasil Pelaksanaan Kegiatan.
  7. Bab IV Rangkuman Hasil Evaluasi Mandiri
  8. Bab V Kesimpulan dan Rekomendasi.
  9. Lampiran-lampiran
    1. Hasil evaluasi mandiri oleh sekolah.
    2. Hasil evaluasi mandiri oleh KKG dan FKKG.
    3. Dokumen hasil kegiatan.
    4. Fotocopi dokumen pertanggungjawaban keuangan (asli disimpan di masing-masing KKG).

Laporan dibuat 2 (dua) kali sesuai dengan tahap pencairan dan pertanggungjawaban.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: