KEGIATAN IN SERVICE TAHUN KEDUA BAGI KKG DBL 2009

Kegiatan In Service  KKG 2009 dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah dibuat yaitu  Hari Rabu, Kamis, dan Sabtu , 22. 23, dan 25 September 2010 (masing-masing KKG hanya 1 hari) . Walaupun sebenarnya DBL untuk tahun kedua sampai pelaksanaan In Service seluruh kelompok kerja (KKG 2009) selesai belum juga turun. Hal ini tidak menjadikan hambatan karena p para Ketua KKG 2009 sudah komitmen bahwa Program BERMUTU tahun kedua harus segera dilaksanakan agar tidak terjadi lagi seperti tahun pertama (kejar tayang). Alhamdulillah dengan semangat dan komitmen bersama kegiatan In Service dapat terlaksana dengan baik walaupun menggunakan “dana talangan”.

Narasumber yang mengisi Kegiatan In Service Tahun Kedua KKG 2009 adalah dari unsur Dinas Pendidikan di antaranya :

1) Drs. H. Eem Hendrawan, M.M.Pd. (Kepala Dinas Pendidikan Kab Sumedang) 2) Drs. Feddy Fadillah K., M.Pd. (Sekretaris Dinas Pendidikan Kab Sumedang); 3) Rusyana, S.Pd (Kabid Mutendik); 4) Drs. Edi Suwardi, M.Pd (Kasi Mutendik);  5) Suherman, S,Pd (DCT IPS/Pkn); 6) Adang Sukmansyah, S.Pd (DCT Matematika); 7) Surmita, S.Pd., M.M.Pd (DCT IPA); 8) Aep Suryana, S.Pd (DCT B.Indonesia); 9) Toto, S.Pd (DCT Umum) 10) Juarsih, S.Pd (DCT Matematika); 11) Atus Hendaryat, S.Pd (DCT Umum).

Pelaksanaan Kegiatan In Service KKG 2009 secara umum (90%) berlangsung dengan baik. Kehadiran peserta di setiap kelompok kerja sekitar 99%. Sesuai dengan Buku Panduan DBL 2010 Kegiatan In Service ini juga dihadiri oleh para Kepala Sekolah SD Inti dan Imbas setiap kelompok kerja.

Adapun materi Kegiatan In Service Training KKG 2009 adalah sebagai berikut:

  1. Penyampaian Kebijakan dan Strategi Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang berkait dengan Program BERMUTU.
  2. Pengenalan Bahan Belajar Mandiri Hasil TNA (Training Need Assesment) yang akan menajdi Materi Pokok Kegiatan 16 kali Pertemuan Rutin di Tahun Kedua.

Kebijakan dan strategi Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang berkait dengan Program BERMUTU Tahun Pelajaran 2010-2011 di antaranya diadakannya pelatihan Guru Pemandu (KKG/MGMP), mengikutsertakan beberapa guru dalam Diklat DCT Mata Pelajaran, Pengadaan bantuan berupa meubeler (lemari rak) untuk 29 KKG 2009.dll.

Materi Bahan Belajar Mandiri berdasarkan Hasil TNA masing-masing kelompok kerja secara umum hampir sama, itu menunjukkan bahwa materi yang muncul benar-benar sangat dibutuhkan oleh sebagian besar guru peserta. Dari 26 KKG 2009 yang melakukan TNA terhadap pesertanya maka materi yang menjadi Bahan Belajar Mandiri di Tahun Kedua di antaranya : 1) ICT; 2) PTK; 3) Silabus dan RPP; 4) Kajian Kritis; 6) Learning Jurnal; 6) Analisi Butir Soal; 7) Manajemen Kelas; 8) Study Visit dan 9) Sistem Penilaian.

2 Tanggapan

  1. Kami kokbeda ya
    / tak ada TNA dan pada In service hanya menampilkan materi pembuatan silabus oleh pengawas dari kecamatan lain. Bagai mana itu ya?

    • Terima kasih atas kunjungannya. Kalau boleh saya ingin lebih kenal lagi mohon informasikan data Bapa/Ibu.

      Kalau tidak ada TNA terus materi untuk tahun kedua apa saja? Karena Materi untuk tahun kedua itu kan ditentukan melalui TNA dahulu. tidak seperti tahun pertama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: